3. Pasar Persaingan Sempurna
Struktur
pasar persaingan sempurna akan terjadi bila para produsen secara individualis
di pasar tidak bias mempengaruhi harga. Para produsen tersebut bertindak hanya
sebagai penerima harga.
Alasan produsen tidak mampu
dalam mempengaruhi harga
- · Jumlah pembeli dan penjual banyak
Setiap
perusahaan dalam suatu industri hanya menghasilkan suatu output yang sangat
kecil dibandingkan dengan jumlah output industri secara keseluruhan dan setiap
pembeli hanya membeli suatu produk yang sangat kecil pula dari output total
tersebut.
- · Produksi yang homogen
Macam-macam
dan jenis output dari setiap perusahaan dipandang sama oleh para konsumen
- · Adanya kebebasan keluar masuk pasar
Perusahaan-perusahaan
tidak menhadapi kendala-kendala untuk masukataupun keluar dari industri
tersebut.
- · Informasi yang sempurna
Informasi
tentang biaya, harga dan kualitas suatu produk diketahui oleh semua pembeli dan
penjual di pasar.
Penentuan harga pasar
Walau
perusahaan secara individual tidak punya kendali atas harga dalam pasar
persaingan sempurna ini, namun harga pasar untuk suatu industri yang kompetitif
ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan.
Sumber: Ekonomi Manajerial - Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis
Drs. Lincolin Arsyad, M .Sc.
Sumber: Ekonomi Manajerial - Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis
Drs. Lincolin Arsyad, M .Sc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar