Senin, 19 Maret 2012

Struktur Pasar 3

3. Pasar Persaingan Sempurna
Struktur pasar persaingan sempurna akan terjadi bila para produsen secara individualis di pasar tidak bias mempengaruhi harga. Para produsen tersebut bertindak hanya sebagai penerima harga.
          Alasan produsen tidak mampu dalam mempengaruhi harga
  • ·         Jumlah pembeli dan penjual banyak
Setiap perusahaan dalam suatu industri hanya menghasilkan suatu output yang sangat kecil dibandingkan dengan jumlah output industri secara keseluruhan dan setiap pembeli hanya membeli suatu produk yang sangat kecil pula dari output total tersebut.
  • ·         Produksi yang homogen
Macam-macam dan jenis output dari setiap perusahaan dipandang sama oleh para konsumen
  • ·         Adanya kebebasan keluar masuk pasar
Perusahaan-perusahaan tidak menhadapi kendala-kendala untuk masukataupun keluar dari industri tersebut.
  • ·         Informasi yang sempurna
Informasi tentang biaya, harga dan kualitas suatu produk diketahui oleh semua pembeli dan penjual di pasar.
            Penentuan harga pasar
Walau perusahaan secara individual tidak punya kendali atas harga dalam pasar persaingan sempurna ini, namun harga pasar untuk suatu industri yang kompetitif ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan. 


Sumber: Ekonomi Manajerial - Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis 
               Drs. Lincolin Arsyad, M .Sc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar